Mencegah Flash Disk Terserang Sality

Sality atau yang lebih lengkapnya adalah W32/Sality merupakan virus berbahaya yang saat ini sedang booming di tanah air. Efek yang ditimbulkan virus ini sangat besar. Banyak komputer yang lambat, serta aplikasi-aplikasi yang terserang oleh virus ini.

Cara penyebaran virus ini melalui media portabel seperti flash disk. Virus ini menanamkan dirinya pada file ber-ekstensi exe tanpa dieksekusi (baca:buka) terlebih dahulu.

Untuk mencegah flash disk anda terserang Sality, lakukan salah satu cara di bawah ini

1. Compress File Executable (File Exe)
Sality tak akan menyerang file yang ber-ekstensi .rar atau .zip. Oleh karena itu cara seperti ini dapat dilakukan untuk mencegah flash disk anda terserang Sality. Ada banyak program yang di gunakan untuk kompresi, seperti Winzip, Winrar dan 7Zip. Cara kompresinya mudah. Untuk yang menggunakan Winrar, cukup klik kanan pada file yang ingin dikompresi, lalu klik add to archive > OK.

2. Ubah Ekstensi File
Cara ini lebih hebat lagi, dan tidak memerlukan waktu yang lama. Hanya cukup rename file exe, dan ubah ekstensinya menjadi ekstensi lain. Kalau ekstensinya tidak terlihat, klik Tools > Folder Options klik tab View, lalu hilangkan tanda centang pada Hide extensions for known file types

Perbandingan Cara Pertama dan Kedua
Cara pertama membutuhkan aplikasi khusus sedangkan cara kedua tidak. Cara pertama juga memerlukan waktu yang lama jika ukuran file besar, sedangkan cara kedua tidak terpengaruh ukuran file. Namun cara kedua membuat tangan anda pegal, karena bolak-balik mencari file .exe dan me-rename file tersebut. Namun, keputusan berada di tangan anda. Anda lah yang menentukan. Anda juga dapat menggabungkan kedua cara tersebut, hanya tinggal menentukan mana yang pertama kali anda lakukan. Apakah kompresi atau mengubah ekstensi file.

Flash Disk Terserang Sality??
Hanya sedikit antivirus yang dapat mengembalikan file yang terserang Sality ke bentuk semula. Cara lain untuk menghilangkan Sality di flash disk anda adalah menghapus file tersebut. Oleh karena itu, lakukanlah pencegahan dengan cara diatas dan jangan lupa siapkan backup. Ingat, "Mencegah Leboh Baik dari pada Mengobati"

2 Response to "Mencegah Flash Disk Terserang Sality"

  1. Vanguard o3 says:
    18 June 2011 at 20:15

    Mantap mir, gue follow blog nya :D

  2. Anonymous Says:
    23 September 2011 at 03:01

    Kok di hapus kan udah ada Softwarenya dengan sality Killer<-memulihkan
    ada g caranya cara buat FlashDisk tuh g bisa di masukin sality soalnya asal ke net kena mulu tuh virus

Post a Comment